Tuesday, August 9, 2016

Type Of Shoot [ Macam - macam teknik pengambilan gambar ]

Sekarang gue bakal pos nih dari materi pelajaran di sekolah teknik videografi yang gue post ini adalah bagaimana cara pengambilan objek gambar dengan memotretnya, nah kalau kita motret itu gak sembarangan ternyata eh ternyata ada teknik nya yaa, heheheh  Kalo sembarang jepret sih bisa semua orang, tapi biar kelihatan lebih menarik kita harus tau tehknik nyaa, macam - macam teknik yang akan kita pelajari disini adalah teknik Extreme Long shoot, Long shot, Medium Long Shoot, Medium Shoot, Close Up, Big Close up, Extreme Close Up Dan lainnya :D  
oke langsung aja di simak, baca nya jangan di lewat lewat yaps,.. :D 

Type of Shoot
[ macam- macam teknik pengambilan gambar ]

Extreme Long shoot [ Very Longshot ]

Extreme Longshoot juga biasa dikenal sebagai Extra Longshoot atau very longshoot, yaitu tenik pengambilan gambar dengan area atau frame yang sangat luas untuk mengikut sertakan objek dan kondisi di sekitar objek. ( Mencakup Frame yang sangat luas Sehingga pemandangan atau kondisi kelihatan jelas ) 

Contoh Extreme Longshoot/VeryLongshoot




Long Shoot 

Teknik ini pengambilan gambar hanya menggunakan area yang cukup / pas untuk memperlihatkan seluruh tubuh subjek tanpa terpotong oleh frame [ Frame agak ngezoom jadi ga terlalu keliahatan luas area sekitar subjek ] hanya menyorot dan memperioritaskan subjek utama dan menonjolkan subjek dengan ekspresi tanpa ada bagian tubuh terpotong.


Contoh Longshoot


Medium Long Shoot

Teknik ini memiliki tujuan yang sama dengan teknik Long Shoot. Pada teknik ini batas pengambilan gambar di mulai dari bawah lutut kaki sampai atas kepala teknik ini biasa juga di sebut Knee shoot karena teknik pengambilannya dari Dengkul/lutut kaki sampai atas kepala. Ruang yang di ambil Lebih sempit [ Frame agak ngezoom lagi dari Longshoot ].

Contoh Medium Long Shoot


Medium Shoot

Teknik ini mengambil area sedikit lebih sempit dari teknik medium long shoot di atas yaitu di mulai dari batas pinggang sampai atas kepala. bertujuan untuk menonjolkan ekspresi bahasa tubuh si subjek tersebut.

Contoh Medium Shoot


Close up

Teknik Pengambilan ini mengambil area yang lebih jauh sempit yaitu dari sedikit di bawah bahu sampai batas kepala. Tujuan dari pengambilan teknik close up tentunya ialah untuk menceritakan secara detail mimik wajah seseorang, close up sering digunakan untuk memotret ekspresi wajah yang sedang senyum, menangis, merenung dan lainya.

Contoh Close up

Middle Close up

Teknik pengambilan ini ialah dari dada sampai puncak kepala, teknik  Middle Close up atau biasa disebut MCU ini di kategorikan sebagai komposisi "Potret setengah badan". MCU/Middle Close Up
memperdalam gambar dengan menunjukan profile dari objek yang di potret.

Contoh Middle Close up


Big Close up

Teknik pengambilan gambar ini akan mengambil area yang lebih sempit lagi dari teknik close up standart. Batas area yaitu sedikit di bawah dagu sampai di atas dahi  [ Batas kepala ]

Contoh Big Close up


Extreme Close up

Teknik ini digunakan untuk menampilkan bagian yang di anggap menarik dari wajah seseorang hanya seperti hanya menampilkan bagian mata, hidung dan bibir.

Contoh Extreme Close up




Nah sampai disituh dulu, kalian udah tau kan teknik teknik pengambilan gambarnya, hmm jangan di baca saja mari di praktekan biar tidak lupaa ,...

Artikel Terkait

Type Of Shoot [ Macam - macam teknik pengambilan gambar ]
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email